Selasa, 08 November 2016

Peta Konsep

Pembuatan Peta Konsep 
Dahar (1989) mengungkapkan bahwa peta konsep memegang peranan penting dalam belajar bermakna. Langkah-langkah berikut ini dapat diikuti oleh siswa untuk menciptakan suatu peta konsep. 
Langkah 1 : mengidentifikasi ide pokok yang melingkupi sejumlah konsep. 
Langkah 2 : mengidentifikasi ide-ide atau konsep-konsep sekunder yang menunjang ide utama. 
Langkah 3 : menempatkan ide utama di tengah atau di puncak peta tersebut. 
Langkah 4 : mengelompokkan ide-ide sekunder di sekeliling ide utama yang secara visual menunjukan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama. 
Berdasarkan pendapat di atas dapat dikemukakan langkah-langkah menyusun peta konsep sebagai berikut. 
  1. Memilih suatu bahan bacaan 
  2. Menentukan konsep-konsep yang relevan 
  3. Mengelompokkan (mengurutkan) konsep-konsep dari yang paling inklusif ke yang paling tidak inklusif 
  4. Menyusun konsep-konsep tersebut dalam suatu bagan, konsep-konsep yang paling inklusif diletakkan di bagian atas atau di pusat bagan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar