Pembuatan Peta Konsep
Dahar (1989) mengungkapkan bahwa peta konsep memegang peranan penting
dalam belajar bermakna. Langkah-langkah berikut ini dapat diikuti oleh
siswa untuk menciptakan suatu peta konsep.
Langkah 1 : mengidentifikasi ide pokok yang melingkupi sejumlah konsep.
Langkah 2 : mengidentifikasi ide-ide atau konsep-konsep sekunder yang menunjang ide utama.
Langkah 3 : menempatkan ide utama di tengah atau di puncak peta tersebut.
Langkah 4 : mengelompokkan ide-ide sekunder di sekeliling ide utama yang
secara visual menunjukan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama.
Berdasarkan pendapat di atas dapat dikemukakan langkah-langkah menyusun peta konsep sebagai berikut.
- Memilih suatu bahan bacaan
- Menentukan konsep-konsep yang relevan
- Mengelompokkan (mengurutkan) konsep-konsep dari yang paling inklusif ke yang paling tidak inklusif
- Menyusun konsep-konsep tersebut dalam suatu bagan, konsep-konsep yang paling inklusif diletakkan di bagian atas atau di pusat bagan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar